Tuesday 3 February 2015

PASAR

EKONOMI

PASAR
       
          pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli sehingga terjadi saling permintaan dan penawaran atau transaksi barang dan jasa.adapun peran pasar dalam kegiatan ekonomi :
  1. mengatur kegiatan produksi
  2. mendistribusikan barang dan jasa
  3. melakukan promosi
  4. menetapkan harga suatu barang
  5. menentukan jumlah penjualan dan pembelian 
  6. menentukan jumlah persediaan
  7. sebagai tempat untuk saling bertransaksi antara penjual dan pembeli
  8. meningkatkan kesejahteraan para pelaku ekonomi


*pasar persaingan sempurna
             adalah keadaan dimana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga.ciri ciri pasar persaingan sempurna :
- terdapat banyak penjual, tapi tidak memiliki kekuatan untuk menentukan harga.
- terdapat banyak pembeli, tapi tidak mampu memengaruhi harga pasar.
- barang dan jasa tidak dapat dibedakan
- kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar
- kebebasan dalam mengambil keputusan

pasar persaingan tidak sempurna
dibedakan menjadi 2, yaitu :

  • pasar monopoli : pasar yang hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan dapat menentukan harga secara utuh tanpa adanya persaingan dengan pasar lainnya.ciri :
- hanya ada satu penjual.
- terdapat banyak pembeli.
- tidak mempunyai barang subtitusi atau pengganti.

kebaikan pasar monopoli :
- menghindari produk bajakan atau tiruan.
- terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan.
- mendorong penggunaan mesin generasi terbaru dalam memproduksi suatu barang
keburukan pasar monopoli :
- penyalahgunaan kekuatan ekonomi
- ketidak rataan dalam pembagian pendapatan atau penghasilan
- tidak ada persaingan sehingga kualitas dan kuantitas barang jadi rendah
- mengurangi kesejahteraan konsumen

  • pasar oligopoli : pasar yang hanya ada satu jenis barang yang ditawarkan dan dikuasai beberapa perusahaan.ciri ciri pasar oligopoli :
- hanya ada beberapa penjual
- terdapat banyak pembeli
- adanya saling ketergantungan
- terdapat hambatan untuk masuk ke pasar bagi perusaan baru.

*pasar persaingan monopolistik
            adalah pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang sejenis, tetapi memiliki perbedaan pada aspek aspek tertentu.ciri ciri pasar monopolistik :
- terdapat banyak penjual dan pembeli
- produsen dapat memengaruhi harga pasar.
- produsen lain bisa mudah masuk ke dalam pasar

kebaikan pasar monopolistik :
- barang yang diperjual belikan berbeda meskipun itu sejenis,perbedaan itu meliputi dari harga,kualitas dan pelayanan.
- pembeli pada umumnya selalu mendapatkan pelayanan yang baik.
- produsen terdorong dalam hal mengadakan ide ide baru atau inovasi baru.

No comments:

Post a Comment