PASAR
pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli sehingga terjadi saling permintaan dan penawaran atau transaksi barang dan jasa.adapun peran pasar dalam kegiatan ekonomi :
- mengatur kegiatan produksi
- mendistribusikan barang dan jasa
- melakukan promosi
- menetapkan harga suatu barang
- menentukan jumlah penjualan dan pembelian
- menentukan jumlah persediaan
- sebagai tempat untuk saling bertransaksi antara penjual dan pembeli
- meningkatkan kesejahteraan para pelaku ekonomi
*pasar persaingan sempurna
adalah keadaan dimana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga.ciri ciri pasar persaingan sempurna :
- terdapat banyak penjual, tapi tidak memiliki kekuatan untuk menentukan harga.
- terdapat banyak pembeli, tapi tidak mampu memengaruhi harga pasar.
- barang dan jasa tidak dapat dibedakan
- kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar
- kebebasan dalam mengambil keputusan
pasar persaingan tidak sempurna
dibedakan menjadi 2, yaitu :
- pasar monopoli : pasar yang hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan dapat menentukan harga secara utuh tanpa adanya persaingan dengan pasar lainnya.ciri :
- hanya ada satu penjual.
- terdapat banyak pembeli.
- tidak mempunyai barang subtitusi atau pengganti.
kebaikan pasar monopoli :
- menghindari produk bajakan atau tiruan.
- terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan.
- mendorong penggunaan mesin generasi terbaru dalam memproduksi suatu barang
keburukan pasar monopoli :
- penyalahgunaan kekuatan ekonomi
- ketidak rataan dalam pembagian pendapatan atau penghasilan
- tidak ada persaingan sehingga kualitas dan kuantitas barang jadi rendah
- mengurangi kesejahteraan konsumen
- pasar oligopoli : pasar yang hanya ada satu jenis barang yang ditawarkan dan dikuasai beberapa perusahaan.ciri ciri pasar oligopoli :
- hanya ada beberapa penjual
- terdapat banyak pembeli
- adanya saling ketergantungan
- terdapat hambatan untuk masuk ke pasar bagi perusaan baru.
*pasar persaingan monopolistik
adalah pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang sejenis, tetapi memiliki perbedaan pada aspek aspek tertentu.ciri ciri pasar monopolistik :
- terdapat banyak penjual dan pembeli
- produsen dapat memengaruhi harga pasar.
- produsen lain bisa mudah masuk ke dalam pasar
kebaikan pasar monopolistik :
- barang yang diperjual belikan berbeda meskipun itu sejenis,perbedaan itu meliputi dari harga,kualitas dan pelayanan.
- pembeli pada umumnya selalu mendapatkan pelayanan yang baik.
- produsen terdorong dalam hal mengadakan ide ide baru atau inovasi baru.
No comments:
Post a Comment